Syarat Jadi Anggota Legislatif-KPUD Pandeglang

Bagikan Informasi

Bagaimanakah seseorang bisa menjadi calon anggota legislatif?
Berdasarkan undang-undang nomor 7 tahun 2017, tentang pemlihan umum, serta peraturan kpu nomor 5 tahun 2018 tentang pemilhan umum tahun 2019.

Ada sejumlah syarat yang harus di penuhi dan itu harus di sertai bukti atau surat keterangan tertentu.
Bagi mereka yang ingin menjadi anggota legislatif.

Syarat pertama adalah telah berumur 21 tahun atau lebih  terhitung sejak penetapan daftar calon tetap, selain itu mereka harus beragama dan tinggal di wilayah indonesia,  dapat berbicara, membaca, dan atau menulis dalam bahasa indonesia, berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas, setia kepada pancasila dan undang-undang dasar, tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan, bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual anak atau korupsi.

Sehat jasmani dan rohani  terdaftar sebagai pemilih  jika terpilih  mereka juga harus bersedia bekerja penuh waktu, dan tidak berpraktik sebagai akuntan publik, advokat, notaris, pejabat pembuat akta tanah, serta pekerjaan lain yang dapat menimbulkan konflik kepentingan dengan tugas jika sudah terpilih, mereka juga harus siap mengundurkan diri sebagai pejabat / baik sipil maupun militer yang gajinya dari uang negara.

Setiap bakal calon anggota legislatif wajib menjadi anggota partai politik di calonkan hanya satu lembaga perwakilan, di calonkan hanya satu daerah pilihan, serta di calonkan hanya oleh satu parta politik.

Adapun untuk waktu dan tempat pengajuan bakal calon adalah 14 hari mulai dari 4 juli sampai dengan 17 juli 2018, untuk tempat pengajuan dilakukan di kantor kpu pandeglang, jalan raya labuan  kilometer 1  kawasan komplek pemda cikupa pandeglang.

Informasi ini disampaikan oleh  komisi pemilihan umum kabupaten pandeglang.