Universitas Terbuka Serang Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Bagikan Informasi

Universitas Terbuka – Serang yang berada di Jl. Raya Jakarta KM. 7, Pakupatan, Cipocok Jaya, Panancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang, saat ini sedang menerima Pendaftaran mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma semester 2018/19. yang dibuka sampai 14 Agustus 2018.

Kepala UPBJJ-UT Serang Dr. Maman Rumanta, M.Si menegaskan bahwa Universitas Terbuka (UT) berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki modus pembelajaran jarak jauh yang berbeda dengan Universitas konvensional.

Universitas Terbuka terakreditasi Nasional dan Internasional, sejak tahun 2006 Universitas Terbuka (UT) mendapatkan akreditasi dan sertifikat kualitas dari The Internasional Council for Open and Distance Education (ICDE) yang berkedudukan di Oslo Norwegia.

Selain itu Universitas Terbuka (UT) juga telah terakreditasi BAN-PT yang merupakan badan penjaga kualitas Perguruan Tinggi di Indonesia. Semua Program Studi (Prodi) Universitas Terbuka (UT) saat ini sudah terakreditasi BAN-PT B dan 5 diantaranya terakreditasi A.

Berikut Video Kepala UPBJJ-UT Serang Dr. Maman Rumanta, M.Si

Universitas Terbuka memiliki Sentra Layanan UT (SALUT) dan untuk UPBJJ-UT Serang, SALUT bertempat di Kragilan dan layanan ini sangat cocok untuk mendampingi mahasiswa non pendidikan dasar (Non Pendas) yang memilih dengan pembelajaran sistem online. UPBJJ-UT Serang memiliki 7 kabko dan saat ini telah dibentuk pokjar baru dari PGMI yang akan memberikan pelayanan bagi mahasiswa khususnya kelompok madrasah. Tidak hanya itu, UPBJJ-Serang sedang mempersiapkan pokjar Pergunu yang nantinya akan memberikan pelayanan untuk kelompok Nadlatul Ulama yang berbasis pesantren.

Dengan kemajuan teknologi, maka Universitas Terbuka sedang berupaya untuk memperluas jangkauan layanan dan tentu saja sejalan dengan visi pemerintah untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi yang selama ini masih rendah untuk wilayah Provinsi Banten, sedangkan rata-rata APK di Indonesia sudah mencapai 31,5%.

Sistem pembelajaran jarak jauh di Universitas Terbuka (UT) tidak ada keterikatan dengan mahasiswa yang harus datang ketempat kuliah, mahasiswa mempunyai fasilitas online dan dapat kita ketahui bahwa fasilitas online dapat diakses dimana dan kapan saja. (Esa -S.UT)`

Pendaftaran mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma semester 2018/19.1 dibuka sampai 14 Agustus 2018, daftar bisa ke UPBJJ-UT SERANG

Untuk Pendaftaran Secara Online Dapat Dilakukan Disini :

Sekilas Tentang Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang telah diresmikan pada 4 September 1984 yang didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Moto dari Universitas Terbuka (UT) Membuka Akses Pendidikan Tinggi untuk Semua.
Visi Universitas Terbuka (UT)
  • Pada tahun 2021, UT menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktek PTTJJ.
Misi Universitas Terbuka (UT)
  • Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.
  • Mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ.
  • Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.
Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yang diberi istilah Program Non-Pendas dan Program Pendas.
  • Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum kecuali program Non-Pendas FKIP. Program Non-Pendas FKIP hanya dapat diikuti oleh mereka yang sudah bekerja sebagai guru.
  • Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus bagi para guru SD dan guru PAUD. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendas adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).
Cara pembelajaran yang diterapkan di Universitas Terbuka (UT) menggunakan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Cara tersebut mengharapkan mahasiswa harus aktif belajar secara mandiri menggali ilmu pengetahuan.
Seperti Universitas lainnya, Universitas Terbuka (UT) juga menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa dalam setiap semester. Setiap mata kuliah diberi bobot 1- 6 SKS. Kegiatan belajar dalam satu semester dilaksanakan sekitar 16 minggu.
Fakultas yang telah ada di Universitas Terbuka (UT) yaitu Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Program Pascasarjana, serta Program Sertifikat.
Berikut akan dberikan informasi Program Studi dari beberapa Fakultas yang ada di UT.
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD)
  • Program Sertifikat terdiri dari program studi Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Administrasi Pemerintahan Daerah
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Statistika, Matematika, Biologi, Ilmu dan Teknologi Pangan, Agribisnis, Perencanaan Wilayah dan Kota Bidang Minat Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PWKL)
Fakultas Ekonomi (FEKON)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Administrasi Negara, Administrasi Bisnis, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Sosiologi, Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
  • Program Diploma 4 (D4) Kearsipan
  • Program Diploma 3 (D3) Perpajakan
  • Program Diploma 2 (D2) Perpustakaan
Program Magister Ilmu Administrasi
  • Bidang Minat Administrasi Publik
Program Magister Manajemen
  • Bidang Minat Manajemen Keuangan
  • Bidang Minat Manajemen Pemasaran
  • Bidang Minat Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Bidang Minat Manajemen Pendidikan
Program Magister Ilmu Kelautan
  • Bidang Minat Manajemen Perikanan
  • Program Magister Pendidikan Matematika
  • Program Magister Pendidikan Dasar
Program Sertifikat
  • Program Sertifikat Administrasi Pemerintahan Desa
  • BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)
  • Program Sertifikat Ketatausahaan Sekolah
  • Program Sertifikat Statistika bagi Aparatur Pemerintahan Desa
  • Program Sertifikat Akuntansi Keuangan Daerah
  • Program Sertifikat Karya Ilmiah untuk Guru
A. Pendaftaran UT Jalur SPMB
Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN).
Dengan bergabungnya Universitas Terbuka (UT) ke P-SPMBN, maka pendaftaran calon mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) bisa dilakukan langsung dengan mengunjungi website resmi P-SPMBN yaitu penerimaan.spmb.or.id buka disini
Calon peserta harus melakukan registrasi dengan benar dan harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Panduan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, biaya, dan lain sebagainya bisa dibaca pada alamat tersebut atau bisa anda baca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran UMB-PT.

 

B. Pendaftaran UT Program Sarjana dan Diploma FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP
UT kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk Program Sarjana dan Diploma FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP. Program ini juga telah dikenal sebagai program nonPendas.
Tata Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Baru UT Program Sarjana dan Diploma FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP
  1. Calon mahasiswa baru membuka alamat : www.ut.ac.id
  2. Lalu klik menu “Pendaftaran”
  3. Selanjutnya muncul halaman baru, lalu klik “Pendaftaran Online”
  4. Memilih jenis program, yaitu pilih Program Sarjana dan Diploma FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP
  5. Selanjutnya memilih menu pendaftaran untuk melakukan pendaftaran bagi calon mahasiswa baru.
  6. Kemudian melakukan pengisian data secara lengkap dan benar. Data-data yang harus diisi berupa :
    • Nomor Account (Account Number)
    • Alamat EMail (E-Mail Address)
    • Tulis Password (Password)
    • Tulis Kembali Password (Re-Type Password)
    • Nama Lengkap (Full Name), kemudian mengisi kolom dengan Tuliskan seluruh angka yang terdapat pada gambar yang diberikan (Type the numbers from the picture).
    • dan data lain jika ada.
  7. Setelah mengisi semua data, jangan lupa untuk mengecek sekali lagi.
  8. Terakhir, klik Daftar.
Setelah melakukan pendaftaran, maka panitia akan mengirimi anda email yang berupa nomor akun dan Password. Kemudian anda dapat melakukan tahap berikutnya yaitu proses admisi.
Tata Cara Melakukan Proses Admisi
    1. Buka alamat : http://sro.ut.ac.id/nonpendas
    2. Klik menu admisi
    3. Login menggunakan nomor akun regisrasi
    4. Untuk admisi pertama, maka validasi data akun registrasi dan password
    5. Cek seluruh validasi ?
      • Jika No, maka ulangi proses admisi pertama
      • Jika Yes, maka selanjutnya melakukan pengisian data pribadi dan unggah softcopy berkas pendaftaran
    6. Menyimpan data pribadi dan unggah softcopy berkas pendaftaran
    7. Menerima konfirmasi dari panitia tentang data pribadi dan unggah softcopy berkas pendaftaran
    8. Mengirim atau menyerahkan fotocopy berkas ke UPBJJ
    9. Menerima fotocopy berkas dan melakukan validasi
    10. Cek seluruh berkas pendaftaran valid?
      • Jika No, maka kirim email konfirmasi gagal registrasi pertama. Kemudian akan menerima email konfirmasi gagal registrasi pertama
      • Jika Yes, maka kirim email konfirmasi berhasil melakukan admisi (registrasi pertama). Kemudian akan mendapatkan konfirmasi berhasil melakukan registrasi pertama dan juga mendapatkan NIM dan password.