12 Manfaat Jeruk Nipis

Bagikan Informasi

JERUK nipis merupakan buah yang sering dikonsumsi masyarakat. Mungkin dikonsumsinya tidak secara langsung karena rasanya yang asam. Biasanya jeruk nipis ditambahkan pada masakan atau dijadikan minuman seperti infuse water.

Tentu bukan tanpa alasan jeruk nipis dikonsumsi. Sama halnya dengan buah lain, jeruk nipis memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Melansir dari Medical News Today, Jumat (27/7/2018), inilah manfaat jeruk nipis:

Membuat rasa air putih lebih enak

Centers for Disease Control dan Pencegahan (CDC) menyatakan perasan jeruk nipis dapat meningkatkan rasa air sehingga dapat mendorong seseorang minum lebih banyak.

Membantu memperbaiki diet

Sebuah penelitian terbaru dalam Nutritional Epidemiology menunjukkan orang yang minum lebih banyak air jeruk nipis daripada minuman manis seperti soda atau jus, memperbaiki pola makannya dengan mengurangi jumlah gula dan lemak yang dikonsumsi setiap hari.

Dapat membantu pencernaan

Menambahkan jeruk nipis ke air dapat membantu pencernaan karena mengandung senyawa yang menstimulasi sekresi pencernaan di lambung. Asam dalam air jeruk nipis juga membantu air liur memecah makanan.

Mengurangi kemungkinan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara buah jeruk dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Sebuah studi 2015 di Medicine (Baltimore) menunjukkan kemungkinan konsumsi buah jeruk mengurangi risiko kanker esofagus.

Meningkatkan kualitas kulit


Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan. Keduanya merupakan bahan yang digunakan dalam banyak produk perawatan kulit. Ketika dikonsumsi dengan air, bahan alami dari jeruk nipis dapat membantu memperbaiki penampilan kulit yang menua.

Tingkatkan penurunan berat badan

Ahli gizi sering merekomendasikan minum segelas air untuk membantu mencegah makan berlebih. Air jeruk nipis memiliki manfaat tambahan. Asam sitrat yang terkandung di dalamnya membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membantu membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dikombinasikan dengan antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis memberikan dukungan untuk sistem kekebalan tubuh. Bila diminum secara teratur, air jeruk nipis dapat membantu mencegah dan memperpendek flu.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Jeruk nipis mengandung kadar magnesium dan kalium yang tinggi. Keduanya membantu mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Secara khusus, potasium dapat memperbaiki aliran darah dan mengurangi tekanan darah .

Menurunkan gula darah

Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan perubahan gula darah pagi dan pasca makan sehingga menawarkan potensi yang sangat baik untuk mengendalikan kadar gula darah.

Mencegah pertumbuhan mikro-organisme

Menurut beberapa penelitian, limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah penumpukan bakteri Streptococcus. Bakteri ini menyebabkan berbagai infeksi dan masalah kesehatan seperti infeksi saluran pernafasan dan mulut.

Memiliki sifat anti-peradangan

Jeruk nipis menyediakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin ini merupakan agen anti-inflamasi dalam tubuh.

BACA JUGA:

Gaya Makan Unik DJ Katty Butterfly, Pop Mie Disantap dengan Kimchi

Membantu mencegah batu ginjal

Kandungan asam sitrat dan vitamin C membantu memecah atau mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal.  (sumber: dno-detikhealth /pfm)