Melemahnya Kurs Rupiah Indonesia terhadap Dolar

Bagikan Informasi
Ilustrasi. (Foto: Antara/Yudhi Mahatma).

JAKARTA, saat ini, Indonesia sedang di guncang oleh terus melemahnya Kurs Rupiah Indonesia terhadap dolar Amerika Serikat. Tren pelemahan rupiah yang levelnya hampir mencapai Rp 15.000 perdolaran AS dinilai sebagai cerminan bahwa ada yang tidak beres dengan perekonomian Indonesia belakangan ini.

Menurut Enny, melihat kondisi perekonomian Indonesia saat ini di lihat dari sektor perekonomian Indonesia atau sektor keuangan secara keseluruhan, masih relatif sehat. Namun, ada indikator lain yang memerlukan penanganan cepat pemerintah agar dampak buruk bisa lebih diredam.

Pada saat bersamaan, mantan menteri keuangan Rizal Ramli masih konsisten menyampaikan status perekonomian Indonesia lampu kuning atau harus berhati-hati. Dasar pernyataan tersebut dari sejumlah indikator ekonomi makro yang negatif. Indikator yang di maksud adalah defisit neraca perdagangan, keseimbangan primer yang masih negatif, hingga defisit APBN. “ Fundamental tidak kuat karena semua indikator itu negatif. Kalau kuat. Semuanya mengarah kearah positif,” Ujar Rizal.
(Cleo/Parantifm)