Selamat HUT TNI ke 73

Bagikan Informasi

Dalam akun instagramnya Presiden Joko Widodo @jokowi menyatakan hal berikut ini:

“Hari ini, Tentara Nasional Indonesia berusia 73 tahun, yang kita peringati dengan sebuah upacara dan parade yang sederhana di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pertama-tama, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI yang telah dengan cepat, sigap, dan tulus hati membantu masyarakat korban bencana di Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, dan di tempat lain di negara kita. TNI bersama Polri selalu menjadi yang terdepan dalam melakukan penyelamatan dan evakuasi, juga memberikan pelayanan kesehatan, bahkan terlibat dalam rekonstruksi pascabencana.

Saya juga tak bosan mengingatkan pesan Jenderal Besar Soedirman tentang jati diri TNI bahwa politik tentara adalah politik negara, dan loyalitas tentara hanyalah loyalitas untuk kepentingan bangsa dan negara. TNI adalah milik nasional yang berada di atas semua golongan, yang tidak terkotak-kotak oleh kepentingan politik yang sempit.

Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara, tugas saya adalah bersama-sama menjaga NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Bersama-sama kita melawan ideologi lain selain Pancasila, memberantas komunisme dan warisan PKI agar lenyap dari negeri Indonesia selama-lamanya.

Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia!